Suka-suka

Pengiriman Objek Lewat Soket (Demo D1-7) 11 Mei 2012

Filed under: Uncategorized — menariksekali @ 1:35 pm

Pada penulisan blog ini saya akan membahas tentang pembuatan kelas Staff yang berisi informasi data pegawai. Data staff akan dikirimkan dari suatu aplikasi client ke aplikasi server lewat soket.

Langkah – langkah pembuatannya sebagai berikut :
1. Buat sebuah class java dengan mengetikkan source code dibawah ini kedalam text editor seperti Notepad++, Edit++, Eclipse ataupun IDE lainnya. Untuk memasukkan source code program ini saya menggunakan Notepad++. Source code tersebut disimpan kedalam direktori yang anda inginkan. Disini saya menyimpannya dengan nama Staff.java. Disini saya menyimpannya kedalam direktori C:\Users\axioo.
2. Kemudian buat class java dengan mengetikkan source code dibawah ini. Simpan source code dibawah ini dengan nama ObClient.java. File ini bertindak sebagai client.
3. Selanjutnya buat class java lagi dengan mengetikkan source code dibawah ini. Simpan source code dibawah ini dengan nama ObServer.java. File ini bertindak sebagai server.
4.  Setelah proses penyimpanan selesai, maka lanjut dengan proses compile danrunning. Proses compile dan running ini dijalankan dengan menggunakan cmd (command prompt) pada windows. Pertama, buka cmd nya terlebih dahulu yaitu pada menu Start > Accessories > Command Prompt atau langsung ketikkan cmd pada menu Run. Kemudian didalam cmd kita sesuaikan dengan direktori tempat penyimpanan file programnya. Selanjutnya proses compile dan running dapat dilaksanakan. Sebelum menjalankan program ini kita harus meng-compilenya terlebih dahulu dengan perintah javac <namafile.java> dan untuk menjalankannya dengan perintah java <namafile>. Maka proses dan langkah untuk tahap ini sebagai berikut :
 

Tinggalkan komentar