Suka-suka

Healthy Life 26 Maret 2010

Rabu, 31 Maret 2010

Babi yang diolah menjadi 185 Produk

VIVAnews – Penemuan penggunaan darah babi dalam pembuatan filter rokok ditemukan peneliti Belanda, Christien Meindertsma, secara tak sengaja. Perempuan ini sebenarnya sedang meneliti seekor babi berkode “Pig 05049” di sebuah peternakan di Belanda.

Di laman pribadinya, Meindertsma menyatakan telah meriset selama tiga tahun semua produk yang dihasilkan dari seekor babi tersebut. Hasil riset itu kemudian dibukukan, lengkap dengan grafik dan gambar produk, kemudian dipamerkan dalam sebuah pameran.

Tujuannya sederhana, menunjukkan pada orang bagaimana sebuah produk dibuat dan “dibungkus” dan dari mana dia berasal, sehingga orang bisa tahu. Untuk menunjukkan itu, Meindertsma mendekati subjek ke skala satu ekor binatang yang dalam hal ini seekor babi bernama “Pig 05049.”

Setelah kematian babi tersebut, jasadnya dikapalkan dalam beberapa bagian ke penjuru dunia. Beberapa bagiannya tetap dalam bentuk dan fungsi aslinya (sebagai daging), sebagian lagi berubah secara dramatis.

Meindertsma mengikuti produk itu, mulai dari perusahaan yang menangani hewan mati sampai ke perusahaan kecil yang memproduksi sesuatu menggunakan bagian dari jasad itu. Perempuan itu mencatat jasad itu menjadi 185 produk berbeda! Mulai dari bubuk mesiu, sabun, obat, kertas foto, katup jantung, cat mobil, permen karet, porselen, yogurt, marshmellow, kosmetik, rokok, kondisioner, sampai biodiesel. Tak lupa Meindertsma menampilkan foto-foto produk itu.

Apa pelajaran yang diperoleh perempuan asal Rotterdam ini? “Banyak tahapan antara bahan mentah dan produk akhir di produksi komersil modern. Karena banyak tahapan, pengetahuan menghilang. Sebagai contoh, peternak babi tak tahu semua produk akhir yang terbuat dari babi mereka karena mereka tak tahu babi itu dibawa ke mana,” kata perempuan 29 tahun lulusan Akademi Desain Eindhoven itu.

Meindertsma pun sekarang memilih produk yang diproduksi secara lokal. Baju hangatnya sekarang buatan Belanda, bukan lagi Selandia Baru.

Dan ketekunan Meindertsma membuahkan sebuah penghargaan: Index Award 2009. Dan risetnya juga menggelinding menjadi soal sensitif: terungkapnya 185 produk mengandung babi yang diharamkan Islam dan Yahudi.

Rabu, 31 Maret 2010

Ada Darah Babi di Filter Rokok

VIVAnews – Seorang peneliti di Australia melansir penelitian mengenai rokok yang diduga mengandung darah babi. Kandungan babi yang diharamkan umat Islam ini ditemukan di filter rokok.

Profesor di bidang Kesehatan Publik, Universitas Sydney, Simon Chapman, menunjuk pada riset terbaru yang mengidentifikasi 185 penggunaan bagian dari babi, termasuk dalam pembuatan filter rokok. Penemuan ini, kata Chapman kepada News.com.au, bisa berdampak pada kelompok Islam dan Yahudi.

“Komunitas Yahudi jelas akan menilai masalah ini sangat serius dan komunitas Islam akan menilainya sangat mengganggu,” kata Chapman, Rabu 31 Maret 2010.

Penemuan ini, kata Chapman, membuka bobrok industri rokok yang tidak diwajibkan mencantumkan komposisi dalam rokok. “Mereka mengatakan, “ini bisnis kami dan sebuah rahasia dagang”.”

Darah babi ini, kata Chapman, setidaknya ditemukan di satu mereka rokok dijual di Yunani. Darah babi dipastikan dipakai dalam pembuatan rokoknya.

Sebuah riset di Belanda menemukan darah babi ini dipakai untuk membuat filter lebih efektif menangkap kimia berbahaya sebelum asap masuk ke tenggorokan. Artinya, temuan ini jelas tak berlaku untuk rokok yang tidak menggunakan filter.

Senin 29 Maret 2010

Gadis Kecil Hidup Tanpa Otak Kanan

VIVAnews – Umurnya baru sembilan tahun. Di usia sekecil itu, Cameron Mott harus kehilangan setengah organ otaknya dalam sebuah operasi radikal. Ia harus merelakan otak kanannya karena sindroma Rasmussen yang dideritanya.

Sindroma Rasmussen mulai terlihat  sejak Cameron berusi tiga tahun. Penyakit langka ini meluas dan mematikan fungsi otak kanannya. Akibatnya, kejang-kejang dan gejala epilepsi hebat menghiasi hari-hari gadis kecil ini.

“Sangat menakutkan, karena sebagai orangtua Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada anak Anda setelah operasi otak yang dramatis,” kata sang ibu, Shelly Mott, seperti dikutip dari laman Mailonline.

Atas persetujuan keluarga, Cameron menjalani bedah kepala untuk pengangkatan otak kanannya. Tindakan berisiko tinggi dengan harapan hidup yang sangat tipis itu harus ditempuh demi menghentikan kejang-kejang dan epilepsi hebat yang selalu menderanya setiap waktu.

Sejak awal dokter telah mengatakan, seandainya Cameron lolos dari maut, kemungkinan besar akan mengalami koma dan lumpuh pada sisi kiri tubuhnya. Sebab, otak kanan adalah organ pengontrol tubuh bagian kiri.

Namun ajaib, ketakutan-ketakutan itu tak terjadi. Usai operasi dan menjalani fisioterapi, Cameron dapat berlari, dan bermain, kendati sedikit pincang dan kehilangan penglihatan tepi. Ia hanya menjalani perawatan di rumah sakit selama empat minggu.

Adakah ia merasakan efek operasi? Cameron menjawab, “Tidak terasa sama sekali.” Cameron mengaku tetap mengejar impiannya. “Saya akan menjadi seorang balerina saat besar nanti.”

http://id.news.yahoo.com

Sabtu, 27 Maret 2010

Alasan Perempuan yang Takut Hamil

Jakarta, Banyak perempuan yang belum siap hamil dengan bermacam alasan. Untuk menghindari kehamilan yang tak terduga, perempuan banyak yang melakukan aneka cara usai bersenggama.

Seperti dilansir dari Ehow, Jumat (26/3/2010), ada beberapa gaya perempuan yang dilakukan untuk mencegah kehamilan ketika usai bersenggama.

Tapi aneka gaya ini cuma mitos karena belum terbukti bisa mencegah hamil. Berikut beberapa gaya yang dilakukan perempuan untuk mencegah hamil tapi ternyata belum tentu berhasil:

1. Mengeluarkan penis sebelum ejakulasi

Menarik penis dari vagina sebelum pria ejakulasi, bukanlah cara yang tepat pengendalian kelahiran. Menurut Teen Advisor website, cara tersebut hanya 81 hingga 96 persen keberhasilannya. Banyak wanita yang berpikir bahwa jika pria mengeluarkan penis sebelum ejakulasi, sperma tidak akan mampu membuahi telur.

Tetapi pria dapat menghasilkan sesuatu yang disebut pre-ejakulasi. Kebocoran pre-ejakulasi berasal penis pria ketika mereka terangsang, dan pre-ejakulasi dapat mengandung sperma, yang dapat menyebabkan kehamilan.

2. Douching

Douching adalah tindakan menyemprotkan cairan ke dalam vagina untuk membersihkan saluran vagina. Ada mitos umum menyebutkan menggunakan douche (semprotan air obat) akan mencegah kehamilan. Tapi menyemprotkan air, cuka atau bahan lainnya ke dalam vagina tidak hanya akan tidak mencegah kehamilan, ini bahkan dapat menyebabkan infeksi jamur.

Sperma melewati leher rahim dalam hitungan detik, sehingga pada saat menggunakan douche, telur mungkin sudah dibuahi.

3. Tidak perlu orgasme

Orgasme tidak diperlukan untuk hamil. Tubuh wanita mengalami banyak perubahan selama hubungan seksual, baik dia merasakan kesenangan ataupun tidak. Dan kehamilan dapat terjadi bahkan jika ia tidak memiliki orgasme sekalipun.

4. Melakukan seks pada saat menstruasi

Meskipun benar bahwa melakukan hubungan seks selama periode menstruasi dapat sangat mengurangi kemungkinan hamil, tetapi masih bukan jaminan tidak akan hamil. Banyak wanita memiliki menstruasi yang tidak teratur, dan ovulasi dapat terjadi sangat dekat dengan waktu ketika seorang wanita mendapatkan menstruasi.

Sperma bisa juga hidup di dalam tubuh wanita selama tujuh hari, sehingga bahkan jika seorang wanita sedang menstruasi, mungkin sperma menunggunya ketika masa ovulasi berakhir.

5. Hubungan seksual pertama kali (virgin sex)

Seorang wanita bisa hamil pada saat pertama kali melakukan hubungan seksual. Beberapa wanita percaya bahwa selaput dara (hymen) atau selaput tipis di pembukaan vagina dapat mencegah sperma dari pemupukan telur.

Tidak hanya selaput dara yang teregang selama kehamilan, tetapi juga banyak wanita yang mengalami peregangan selaput dara bahkan sebelum berhubungan seks, karena olahraga atau menunggang kuda.

6. Minum pil KB

Menurut Feminist Women’s Health Center, pil KB 92 hingga 99,7 persen efektif dalam mencegah kehamilan. Tetapi bahkan dengan pil KB, banyak wanita yang salah informasi. Pil KB tidak menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat.

Selain itu, banyak wanita tidak berpikir mereka perlu minum pil pada waktu yang sama setiap hari. Namun, jika Anda minum pil dengan benar dan mengikuti petunjuk yang tepat, pil KB bisa lebih dari 99 persen efektif mencegah kehamilan. Juga penting untuk dicatat bahwa pil tidak melindungi terhadap HIV atau penyakit menular seksual lainnya dan infeksi.

http://health.detik.com

sabtu, 27 Maret 2010

Perempuan Frigid

img

Jakarta, Wanita yang tidak ada minat seksual, gairah dan respons untuk berhubungan seksual atau biasa disebut dengan frigiditas merupakan hal yang sangat mengganggu kehidupan seksual suami istri. Bagimana mengatasi frigiditas?

Kata frigiditas, menurut Malcolm G. Freeman dalam bukunya The Sexual Historytahun 1990, tidak memiliki arti medis dan baru digunakan oleh profesional di bidang medis dan psikologis sejak pertengahan tahun 1970. Frigiditas, didefinisikan sebagai disfungsi seksual wanita.

Freeman mengklasifikasikan disfungsi seksual wanita menjadi berbagai tipe antara lain:

  1. Anorgasmia (tidak adanya orgasme)
  2. Dispareunia (nyeri selama hubungan seksual)
  3. Vaginismus (penutupan otot kemaluan)
  4. Sexual anesthesia (pembiusan seksual)
  5. Sexual aversion (keengganan seksual)
  6. Rendah atau hilangnya libido.

Sedangkan Jennifer R. Berman dalam artikelnya di Journal of European Urology menambahkan tipe hasrat seksual hypoactive, yaitu kurang atau berlebihannya fantasi seksual.

Seperti dilansir dari Ehow, Jumat (26/3/2010), disfungsi seksual wanita dapat disebabkan oleh faktor fisiologis dan psikologis. Penyebab-penyebabnya antara lain:

  1. Gangguan dari vasogenic seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, merokok dan penyakit jantung.
  2. Neurogenik seperti diabetes dan cedera tulang belakang.
  3. Hormonal seperti pengebirian medis (medical castration), menopause, kegagalan ovarium prematur (premature ovarian failure), dan pil KB asupan kronis.
  4. Psikogenik seperti hubungan, emosi, masalah tubuh, dan harga diri rendah.
  5. Sistem musculogenic seperti masalah otot panggul menimbulkan rasa nyeri.
  6. Beberapa perubahan dalam kadar hormon karena penuaan.
  7. Kadar testosteron rendah dapat menyebabkan penurunan libido, responsivitas dan kepekaan serta pengurangan orgasme.
  8. Kekeringan vagina dan ketidaknyamanan yang terkait dengan pengurangan tingkat estrogen.
  9. Ketakutan, seperti takut hamil dan takut tertular penyakit menular.
  10. Kelelahan fisik, stres, depresi, kecemasan, kesulitan berinteraksi dengan pasangan, malu, tidak berpengalaman, penolakan terhadap praktik seksual yang tidak dapat diterima, dan tidak suka bereksperimen.
  11. Efek samping obat-obatan.

Untuk mengatasi dan mengobati disfungsi seksual pada wanita ini, dapat dilakukan beberapa cara, antara lain:

1. Mendiagnosa dan mengobati kemungkinan penyebab disfungsi seksual. Mulailah dengan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan bila disebabkan oleh faktor fisiologis, maka diperlukan pengobatan terhadap penyakit tersebut.

2. Dalam mengobati disfungsi seksual, menjelaskan alasan dan pengertian kepada kedua pasangan sangat penting. Penyebab psikologis memerlukan perawatan jangka panjang. Gunakan konseling untuk mengatasi masalah-masalah emosional dan psikologis yang dapat berkontribusi disfungsi seksual.

3. Mendidik penderita sehat libido dan fungsi seksual, termasuk anatomi dan hubungan intrinsik antara kesehatan fisik dan kesejahteraan seksual. Sertakan pasien laki-laki atau perempuan yang sesuai dalam diskusi ini.

Sebagai contoh, kurangnya stimulasi yang memadai merupakan faktor yang umum, tetapi mudah diobati. Pelumas dan vibrator dapat juga membantu kemampuan pasien untuk menjadi terangsang dan mencapai orgasme.

4. Tentukan apakah nikotin, alkohol atau zat lain menyebabkan disfungsi seksual. Jika iya, bantu si penderita mengurangi, membatasi atau menghilangkan penggunaan zat yang dapat menyebabkan atau memperburuk disfungsi seksual.

5. Mengurangi, mengubah atau menghentikan pengobatan yang dapat menyebabkan disfungsi seksual, seperti antidepresan selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI). Serotonin dalam obat ini menekan dopamin yang merangsang hasrat seksual.

6. Mengonsumsi obat-obatan seperti terapi pengganti estrogen, methyltestosterone (terapi testosteron kontroversial sering digunakan sebagai krim), Sildenafil dan L-Arginine (relaksan otot).

Jika sudah tahu penyebabnya, akan mudah mengubah perempuan yang ‘dingin’ menjadi wanita yang hangat dan antusias berhubungan seks.

http://health.detik.com

Jumat, 26 Maret 2010

Mengatasi Napas Terengah-engah Saat Hamil

Sesak napas atau napas terengah-engah sering dialami banyak perempuan selama kehamilannya. Meskipun masih normal tapi kondisi ini bisa saja mengganggu. Bagaimana cara mengatasinya?

Dalam beberapa kasus kondisi ini masih normal, sama seperti gejala morning sickness, mual, mengidam sesuatu atau perut terasa kembung.

Namun tetap saja kondisi ini bisa membuat ibu merasa tidak nyaman selama kehamilannya. Karena itu terkadang kondisi ini bisa sangat mengganggu dan membutuhkan pertolongan.

Seperti dikutip dari Buzzle, Jumat (25/3/2010) ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ibu hamil mengalami sesak napas, yaitu

1. Kebutuhan oksigen
Ketika seorang perempuan sedang hamil, maka banyak terjadi perubahan-perubahan hormonal yang dapat mempengaruhi tubuhnya. Peningkatan kadar hormon terutama progesteron dapat mempengaruhi paru-paru dan juga pusat pernapasan di otak. Perubahan ini meningkatkan jumlah oksigen yang diperlukan oleh tubuh.

Meskipun jumlah tarikan napas yang diambil dalam satu menitnya tetap sama, tapi karena kebutuhan oksigennya meningkat ibu hamil tetap saja akan merasakan sesak napas. Sesak napas bisa terjadi sejak awal kehamilan dan berlanjut sepanjang kehamilan.

2. Perkembangan rahim
Sesak napas juga bisa disebabkan oleh semakin besarnya rahim. Ketika rahim semakin tumbuh, maka tekanan yang diberikan ke diafragma juga semakin besar dan membuat perempuan hamil sulit untuk bernapas. Janin yang masih berada di atas akan membuat ibu hamil lebih susah bernapas dibandingkan jika si janin sudah turun atau berada di panggul, karena rahim tidak lagi memberikan tekanan pada diafragma.

Meskipun tidak berbahaya dan merupakan hal yang normal, tapi tak ada salahnya untuk tidak memaksakan diri terlalu keras beraktivitas yang dapat membuat napas semakin terengah-engah. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk membantunya agar bisa bernapas lebih baik, seperti dikutip dariBabycenter, yaitu:

  1. Cobalah untuk duduk tegak dan menjaga bahu agar tetap dalam posisi yang benar. Posisi ini akan memberikan lebih banyak ruang pada paru-paru, sehingga membantu ibu hamil bernapas lebih baik.
  2. Menopang diri dengan tambahan beberapa bantal di tempat tidur, hal ini akan membuat ibu merasa lebih lega saat tidur di malam hari.
  3. Melakukan latihan pernapasan di rumah. Mulailah dengan menarik napas dalam-dalam dan sebanyak yang Anda bisa, lalu tahan napas selama dua detik kemudian keluarkan secara perlahan-lahan.
  4. Mengambil kelas yoga dan melakukannya secara teratur. Dengan latihan ini akan membantu ibu hamil belajar berbagai teknik pernapasan dan membantu menyadari pola pernapasan yang tepat.
  5. Usahakan untuk memberikan tubuh istirahat yang cukup dan juga menghindari berbagai kegiatan atau hal yang dapat membuat tubuh stres, karena pikiran yang stres bisa mempengaruhi pola pernapasan.

Jika sesak napas yang dialami disertai oleh gejala lain seperti asma yang buruk, napas yang cepat, denyut nadi yang cepat, jantung berdebar-debar, nyeri dada atau sakit saat bernapas, ada titik biru pada daerah sekitar bibir, jari atau kaki, terlihat pucat, rasa takut tidak bisa mendapatkan oksigen yang cukup atau batuk yang terus menerus, maka sebaiknya segera periksa kedokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

http://health.detik.com

Kamis, 25 Maret 2010

Mengecek Kondisi Darah

img

Berapa volume darah dalam tubuh Anda? Bagaimana kondisi darahnya? Sebaiknya lakukan tesdarah seperti hemoglobin secara teratur dan rutin untuk deteksi dini dan menghindari komplikasilebih lanjut.
Volume darah yang ideal dalam tubuh manusia manusia dewasa untuk perempuan berkisar 4,5 liter. Sedangkan untuk pria 5,6 liter darah.

Untuk mengetahui apakah jumlah darah cukup bisa dilihat dari hasil tes hemoglobin. Jika jumlahsel darahnya kurang hal pertama mungkin adalah karena gejala anemia. Jika jumlah sel darahnyaterlalu banyak bisa jadi karena orang itu tinggal di pegunungan.

Hemoglobin berfungsi membawa molekul oksigen di dalam sel darah. Hemoglobin adalah senyawametalloprotein yang menjadi bagian tubuh dari sel darah merah. Biasanya kadar hemoglobin akandiperiksa jika seseorang mengalami gejala sesak napas, pucat atau lainnya.

Seperti dijelaskan Dr Sumaiya Khan yang dikutip dari Buzzle, Kamis (25/3/2010) setiapkekurangan yang terjadi di tingkat hemoglobin akan berhubungan dengan tingkat oksigen dalamdarah. Karenanya penting untuk melakukan pemeriksaan terhadap kadar hemoglobin dalamdarah.

Tes hemoglobin adalah salah satu tes darah yang paling umum dilakukan, biasanya menjadi bagiandalam tes darah lengkap. Ada banyak cara untuk mengukur kadar hemoglobin yang kebanyakandilakukan dengan mesin otomatis.

Hemoglobin biasanya dilepaskan saat sel darah merah memecah. Hemoglobin yang bebasmengandung bahan kimia sianida dan mengikat erat molekul hemoglobin sehinggamembentuk cyanomethenoglobin. Jika disinari cahaya dengan panjang gelombang tertentu, makadapat dilihat berapa banyak cahaya yang diserap dan hemoglobin akan terukur.

Namun bagi orang yang memiliki diabetes tak terkendali, secara otomatis akan terdapat kelebihangula dalam darahnya. Gula yang menumpuk ini akan berikatan dengan hemoglobinmembentuk glycated. Karenanya jumlah rata-rata gula dalam darah juga dapat ditentukan melaluites hemoglobin A1C.

Ada beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi hasil tes hemoglobin seperti penderita diabetes yang juga mengalami anemia, kelebihan vitamin C dan E, kolesterol serta adanya penyakit ginjalatau hati.

Kadar hemoglobin yang normal berdasarkan usia dan jenis kelamin, yaitu:

  1. Kelompok bayi baru lahir sekitar 17-22 gm/dl darah.
  2. Kelompok anak-anak sekitar 11-13 gm/dl darah.
  3. Kelompok laki-laki dewasa sekitar 14-18 gm/dl darah.
  4. Kelompok perempuan dewasa sekitar 12-16 gm/dl darah.
  5. Kelompok laki-laki lanjut usia sekitar 12,4-14,9 gm/dl darah.
  6. Kelompok perempuan lanjut usia sekitar 11,7-13,8 gm/dl darah.

Bagi orang yang memiliki kadar hemoglobin rendah baik akibat rendahnya sel darah merah ataukekurangan zat besi dalam tubuhnya, berarti orang tersebut kecenderungan memiliki tingkatoksigen yang rendah dalam tubuhnya.

Seperti dikutip dari eHow, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan jumlahhemoglobin dalam darah, yaitu:

  1. Meningkatkan asupan makanan yang kaya zat besi, seperti hati, kerang, kuning telur ataudaging kalkun.
  2. Mengurangi asupan makanan yang menghambat penyerapan zat besi, orang yangkecanduang alkohol atau konsumsi mineral dan vitamin yang rendah akan sulit untukmenyerap zat besi.
  3. Melakukan transfusi darah untuk meningkatkan kadar hemoglobin dengan cepat, biasanyadilakukan saat keadaan darurat atau setelah operasi.

Fakta tentang darah manusia:

  1. Darah manusia turut berkontribusi terhadap berat badan manusia sebanyak 8 persen.
  2. Setiap detik sebanyak dua juta sel darah mati.
  3. Setiap hari sebanyak 1.324,75 liter darah didaur ulang oleh ginjal.
  4. Setiap satu unit darah yang berisi 450 ml dapat menyelamatkan empat nyawa.
  5. Rata-rata waktu hidup dari sel darah merah (red blood cell) adalah 120 hari.
  6. Setengah dari sel darah merah manusia akan berganti setiap minggunya.
  7. Donor trombosit hanya bisa digunakan selama 5 hari saja.
  8. Setiap mililiter kubik darah mengandung sekitar 5 juta sel darah merah (eritrosit), 5.000-10.000 sel darah putih (leukosit) dan 200.000-300.000 trombosit.
  9. Darah juga berfungsi membawa garam dan zat organik yang terlarut dalam larutan di dalamplasma darah.
  10. Perempuan rata-rata memiliki 4,5 liter darah dalam tubuhnya, sedangkan laki-laki memiliki5,6 liter darah.

http://health.detik.com

 

Tinggalkan komentar